Indonesian English

Dalam rangka implementasi KAN U-01 - Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dan menindaklanjuti Surat Sekretaris Jenderal KAN Nomor 432/KAN/SEKJEN-SHA/01/19 perihal Perubahan Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian, dengan ini disampaikan Surat Penjelasan Kebijakan Transisi Dokumen:

 

  1. Masa transisi dokumen persyaratan Umum (KAN-U) dan dokumen persyaratan khusus (KAN-K) pada masing – masing skema akreditasi dimulai sejak dokumen ditetapkan sampai dengan tanggal 1 Maret 2020, kecuali untuk laboratorium sebagai berikut:
  2. LPK dengan masa akreditasi 5 (lima) tahun per Keputusan KAN 1 Maret 2019,  , tata waktu kegiatan survailen terjadwal dan reakreditasi dalam siklus akreditasi berjalan sesuai dengan  kerangka waktu pada dokumen KAN U01.
  3. LPK dengan masa akreditasi 4 (empat) tahun, tata waktu kegiatan survailen terjadwal dan reakreditasi dalam siklus akreditasi berjalan tetap sesuai dengan  kerangka waktu pada dokumen DPUM 01 (bagi Lembaga Sertifikasi dan Lembaga Verifikasi/Validasi) dan KAN 01 (bagi Laboratorium, Lembaga Inspeksi dan Penyelenggara Uji Profisiensi).
    1. Kebijakan bahwa laboratorium tidak boleh melakukan kegiatan penilaian kesesuaian terkait lingkup akreditasi pada saat masa akreditasi terputus, berlaku efektif tanggal 20 November 2020.
    2. Pelaksanaan witness untuk laboratorium berlaku efektif mulai permohonan awal/reakreditasi tanggal 1 Maret 2020. Pelaksanaan witness kegiatan laboratorium (termasuk sampling) akan dilakukan sesuai kondisi di lapangan (memungkinkan in situ/on site), dan sesuai program KAN. Namun demikian dengan pertimbangan khusus, untuk laboratorium pengujian lingkup udara, witness sampling (pada masa transisi, sementara dengan simulasi/demontrasi) dimulai efektif per surat ini diterbitkan sampai dengan 1 Maret 2020, untuk selanjutnya mengikuti pengaturan di atas terkait witness.
    3. Masa transisi penyesuaian penulisan ruang lingkup laboratorium (KAN-K01, KAN K02, dan KAN K03) berlaku efektif mulai permohonan awal/reakreditasi tanggal 1 November 2020.

Selama masa transisi tersebut di atas, dokumen persyaratan akreditasi sebelumnya yang relevan pada masing – masing skema akreditasi tetap berlaku.

 

Dokumen KAN dapat diunduh pada link di bawah ini: 
 

 

Berita

Perubahan Kebijakan Akreditasi di Masa Pandemi Covid-19 Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi

Pada Kamis (9/7/2020) telah dilaksanakan Sosialisasi Perubahan Kebijakan Komite Akreditasi Nasional terkait Antisipasi Dampak Pandemi Covid-19. Acara diselenggarakan melalui webinar dan streaming Youtube. Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan informasi kepada Lembaga Inspeksi (LI), Lembaga Sertifikasi (LS), serta Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) mengenai kebijakan KAN No 007/KAN/06/2020 yang merupakan perubahan dari kebijakan KAN No 003/KAN/04/2020 yang ditetapkan tanggal 15 April 2020.

Selengkapnya...
Pengumuman Hasil Seleksi dan Pelaksanaan Pelatihan Asesor Laboratorium Penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 KAN 2020

Kami beritahukan dengan hormat, berikut nama-nama peserta pelatihan asesor laboratorium penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 tahun 2020 yang dinyatakan lolos seleksi persyaratan administrasi sebagaimana terlampir. 

Selengkapnya...
FGD Skema Akreditasi LS Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (LSSMOP) Berdasarkan SNI ISO 21001

ISO 21001:2018 merupakan standar sistem manajemen pertama di tingkat internasional yang diperuntukkan secara spesifik bagi sektor organisasi Pendidikan. Standar yang dirilis pada bulan Mei 2018 ini secara umum memberikan panduan tentang bagaimana memastikan mutu layanan pendidikan dengan pendekatan sistem manajemen. Sebagai salah satu wujud kontribusi Badan Standardisasi Nasional (BSN) terhadap mutu pendidikan di Indonesia, dokumen ISO ini telah diadopsi sebagai standar nasional pada tanggal 14 Juni 2019 dengan penamaan dokumen SNI ISO 21001:2018 – Organisasi pendidikan – Sistem manajemen untuk organisasi pendidikan – Persyaratan dengan panduan penggunaan.

Selengkapnya...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.