Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Asesor dan Panitia Teknis Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan pada Kamis (13/03/2024) secara daring.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Rahardjo mengatakan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai persyaratan tambahan skema akreditasi untuk laboratorium lingkungan menjadi penting dan harus menjadi perhatian khusus karena laboratorium lingkungan di Indonesia semakin banyak dibutuhkan.

"Ini sebagai implementasi bentuk kerja sama yang sudah dibangun cukup lama antara BSN dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam upaya untuk memperbanyak laboratorium-laboratorium yang diregistrasi oleh KLHK, kegiatan FGD ini diharapkan menjadi upaya menambah personel asesor teknis dan juga menambah pengetahuan mendalam bagi asesor yang sudah ada", tambah Sugeng.

FGD menghadirkan pemateri Asesor Komite Akreditasi Nasional (KAN), Sonly H. Saragih, dengan fokus pembahasan K3 di laboratorium serta implementasinya untuk pemenuhan persyaratan asesmen gabungan dengan laboratorium lingkungan.

FGD dihadiri oleh para asesor dan panitia teknis KAN dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan umpan balik antara peserta dengan para pemateri, problem solving kendala di lapangan serta kebijakan KAN terkait beberapa aspek teknis dalam pelaksanaan asesmen.(Awg-humas)

Berita

BSN Siapkan Personel Akreditasi untuk APAC Peer Evaluation

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan APAC Peer Evaluation Tahun 2024 yang akan berlangsung pada akhir Mei 2024 ini, Direktorat Akreditasi laboratorium BSN melaksanakan Focus Group Discussion bersama personel akreditasi dan asesor di Cibinong, Bogor pada Kamis-Jumat (16-17/5/2024).

Read more ...
BSN Siapkan Tim Asesor untuk Menghadapi APAC Peer Evaluation

Menjelang APAC Peer Evaluation yang akan dilaksanakan pada akhir Mei 2024 mendatang, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Akreditasi BSN melakukan pertemuan koordinasi dengan Asesor untuk Persiapan Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) Peer Evaluation pada Senin (13/5/2024) di kantor BSN, Jakarta. Pertemuan ini menjadi pertemuan teknis Deputi Bidang Akreditasi BSN dengan tim asesor yang telah dijadwalkan untuk melakukan penyaksian/witnessing di Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) pada agenda Peer Evaluation APAC nanti.

Read more ...
Deputi Bidang Akreditasi BSN Tingkatkan Kompetensi Personel untuk Akreditasi LSSMAP

Guna memelihara Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (LSSMAP), sekaligus mempersiapkan diri menghadapi Peer Evaluation Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) yang akan dilaksanakan pada akhir Mei 2024, Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengadakan pelatihan Anti-Fraud dan Anti-Korupsi pada skema akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (LSSMAP) kepada 30 asesor, panitia teknis, maupun personel Kedeputian Bidang Akreditasi BSN, yang dilangsungkan pada Kamis-Jumat (2-3/5/2024) secara hybrid di kantor BSN, Mampang, Jakarta.

Read more ...
Kepala BSN Apresiasi Kinerja UPT PMP2KP Banyuwangi

Dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad berkunjung ke 2 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK). Salah satunya, Kepala BSN melakukan kunjungan ke UPT Pengujian Mutu Dan Pengembangan Produk Kelautan Dan Perikanan (PMP2KP) Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat (26/4/2024). Dalam kunjungannya yang didampingi, Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari serta Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo, Kukuh mengapresiasi kinerja UPT PMP2KP Kabupaten Banyuwangi.

Read more ...
Kunjungan Kepala BSN ke UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Banyuwangi

Dalam kunjungan kerjanya ke Banyuwangi, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad berkesempatan melakukan kunjungan ke 2 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di Banyuwangi. Salah satunya, Kepala BSN berkunjung ke UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Jumat (26/4/2024). Dalam kunjungannya, Kukuh yang juga selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyampaikan pentingnya akreditasi untuk memelihara kompetensi sebuah laboratorium.

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.