Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan Rapat KAN pertama tahun 2024 pada Rabu (24/1/2024) di Kantor BSN, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad dan dihadiri para anggota KAN yang merupakan perwakilan para pemangku kepentingan.

“Tugas anggota KAN bukan hanya mengambil keputusan akreditasi, tetapi juga memberikan pertimbangan dan saran kepada BSN dalam menetapkan sistem akreditasi,” ungkap Kukuh pada pembukaan rapat.

Setelah melakukan riviu hasil Rapat KAN sebelumnya (Desember 2023), anggota KAN melakukan pembahasan keputusan akreditasi dalam agenda utama rapat, baik akreditasi untuk laboratorium, lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, maupun lembaga validasi dan verifikasi. Dalam rapat ini, Anggota KAN membahas Keputusan Akreditasi untuk 57 dokumen proses akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), baik yang diajukan secara manual, maupun melalui aplikasi KANMIS dan New KANMIS.

Rapat diakhiri dengan pembahasan lain-lain, seperti pemutakhiran ruang lingkup dan pengurangan ruang lingkup LPK, serta tindak lanjut keputusan rapat sebelumnya terhadap LPK. (Put)

Berita

BSN Tingkatkan Kompetensi Personel Akreditasi terkait ISO/TS 21030:2023

Sehubungan dengan adanya penyesuaian pedoman standar yang digunakan untuk Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (LSSMOP), Badan Standardisasi Nasional (BSN) memandang perlu meningkatkan kompetensi personel Kedeputian Akreditasi BSN terkait standar ini.

Read more ...
KAN Melakukan Rapat KAN dan Kaji Ulang Manajemen 2024

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan Rapat KAN bersamaan dengan Kaji Ulang Manajemen pada Rabu (20/3/2024) di Jakarta.

Read more ...
BSN Selenggarakan Focus Group Discussion Asesor dan Panitia Teknis Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan

Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Asesor dan Panitia Teknis Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan pada Kamis (13/03/2024) secara daring.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Rahardjo mengatakan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai persyaratan tambahan skema akreditasi untuk laboratorium lingkungan menjadi penting dan harus menjadi perhatian khusus karena laboratorium lingkungan di Indonesia semakin banyak dibutuhkan.

Read more ...
BSN Tingkatkan Keberterimaan Akreditasi Mendukung Keberlanjutan Pembangunan Ekonomi Indonesia

Dalam konteks ekonomi berkelanjutan, akreditasi berperan penting dalam membantu regulator, pelaku usaha, dan konsumen untuk berkomitmen ataupun mempersyaratkan praktik yang ramah lingkungan dan mendukung produk/jasa dalam negeri sehingga dapat bersaing di pasar global dan diterapkan sebagai dasar transaksi untuk level nasional.

Read more ...
Refreshment Asesor Untuk Mempertahankan Saling Pengakuan di Level Internasional

Asesor merupakan ujung tombak dari kesuksesan akreditasi. Oleh karena itu, Badan Standardisasi Nasional (BSN) Melalui Kedeputian Bidang Akreditasi terus berupaya meningkatkan kapasitas asesor salah satunya dengan menyelenggarakan Refreshment Asesor  Lembaga Sertifikasi Person pada Jum’at (08/03/2024) secara daring (online).

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.