JAKARTA - Komite Akreditasi Nasional (KAN) menerima audiensi dari Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) Rektor Dr. Muhammad Syafi’i S.Pd.,M.Si dan jajaran pada hari Senin (16/1/2023). Kunjungan diterima langsung oleh Fajarina Budiantari selaku Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi beserta Ratna Rahayu Utami selaku Koordinator Kelompok Substansi Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person dan Pembangunan Berkelanjutan dan Awan Taufani selaku Subkoordinator Kelompok Substansi Harmonisasi Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi.

 

Latar belakang ITP2I dalam kunjungannya ke KAN adalah memperoleh informasi terkait dengan pelaksanaan akreditasi dan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) serta mendukung upaya pemerintah untuk pembangunan perkebunan sawit berkelanjutan dengan penerbitan sertifikat ISPO.

Pada pertemuan ini, KAN dan ITP2I mendiskusikan mengenai kendala pelaksanaan kegiatan sertifikasi ISPO di lapangan diantaranya pemenuhan regulasi yang berlaku. Muhammad Syafi’i juga mengeluhkan kinerja salah satu perusahaan yang telah disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi ISPO (LSISPO) di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Fajarina mengapresiasi laporan dari tim ITP2I, serta akan menindaklanjutinya dengan meminta klarifikasi kepada LSISPO yang mensertifikasi perusahaan tersebut. Sesuai peraturan KAN, laporan akan segera di proses paling lambat 10 hari kerja setelah diterima. Fajarina menilai, audiensi ini dapat memperkuat implementasi ISPO dari sisi akademisi.

Berita

Kolaborasi BSN dengan Stakeholder Melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Skema PTBAE-PU

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) dan United Nations Development Programme (UNDP) berkolaborasi melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Skema PTBAE-PU sehubungan telah tersedianya dokumen petunjuk teknis (juknis) skema NEK untuk PTBAE-PU (Persetujuan Teknis Batas Atas Emisi Pelaku Usaha) di Hotel Swiss-Belhotel, Bogor(1/2/2024). 

Read more ...
Rapat KAN Bahas Keputusan Akreditasi LPK

Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan Rapat KAN pertama tahun 2024 pada Rabu (24/1/2024) di Kantor BSN, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad dan dihadiri para anggota KAN yang merupakan perwakilan para pemangku kepentingan.

Read more ...
Sosialisasi Sistem Kerja Anggota KAN: Imparsial, Kompeten, Konsisten

Dalam rangka mendukung efektivitas pelaksanaan kegiatan Komite Akreditasi Nasional (KAN) sesuai dengan persyaratan yang ada dalam SNI ISO/IEC 17011:2017 dan dengan adanya pembaharuan susunan keanggotaan KAN, KAN melangsungkan Sosialisasi Sistem Kerja Anggota KAN dan SNI ISO/IEC 17011:2017 di Kantor BSN, Jakarta pada Rabu (10/1/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh 14 anggota dari total 17 anggota KAN.

Read more ...
Menuju APAC 2024: Pembahasan Persiapan Peer Evaluation

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah mendapat pengakuan internasional melalui International Accreditation Forum (IAF), International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) dan Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation (APAC). 

Read more ...
Rapat KAN Terakhir di Tahun 2023

Komite Akreditasi Nasional (KAN) melangsungkan rapat KAN Desember 2023 yang merupakan Rapat KAN terakhir tahun ini. Acara dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku ketua KAN, Kukuh S. Achmad serta diikuti oleh anggota KAN yang mewakili berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, industri, asosiasi, profesional, dan akademisi.

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.