JAKARTA - Dalam persiapan menuju Zona Integritas dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM), Direktorat Akreditasi Laboratorium (Dit. AL) dan Direktorat Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi (Dit. ALIS) telah melaksanakan kegiatan evaluasi Zona Integritas dan WBBM yang dilaksanakan Kamis (13/10). Kegiatan tersebut diikuti oleh personil dari Dit. AL, Dit. ALIS, dan 2 orang tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).
Pada kegiatan tersebut, dilakukan pemaparan tindak lanjut dari hasil evaluasi Wilayah Bebas Korupsi pada tahun 2020 lalu yang dipimpin oleh Direktur Akreditasi Laboratorium, Dr. Agustinus Praba Drijarkara, M.Eng. dan Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi, Fajarina Budiantari, S.TP., M.Si. Selain pemaparan tindak lanjut hasil evaluasi WBK, dilakukan juga pemaparan mengenai inovasi dan upaya dari 6 area perubahan dari setiap direktorat yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Pelayanan Publik.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan evaluasi yang melibatkan evaluator dari KemenpanRB. Perwakilan tim evaluator dari KemenpanRB pun mengapresiasi langkah baik dari Dit. AL maupun Dit.ALIS dalam mengupayakan pelayanan akreditasi yang kapable, akuntabel, dan berbasis pelayanan prima. “Kami sangat mengapresiasi bahwa dengan dengan ketersediaan personel yang ada, Dit. AL dan Dit. ALIS tetap mampu untuk mengakomodasi pelayanan akreditasi di Indonesia tentunya dengan berbagai macam inovasi yang dilakukan seperti adanya NEW KANMIS, pengembangan kompetensi untuk setiap pihak yang terlibat seperti Asesor dan personel sekretariat, dan juga monitoring seluruh hal utamanya terkait dengan integritas pelayanan” ujar Alfian Lisdias, perwakilan tim evaluator dari KemenpanRB.
Tentunya dengan seluruh upaya yang dilakukan oleh seluruh personel Dit. AL dan Dit. ALIS, kami siap untuk menjadikan pelayanan akreditasi di Kedeputian Akreditasi menjadi semakin kapabel, akuntabel, dan berbasis pelayanan prima. (UD)
Direktorat AL dan Direktorat ALIS, Siap Menuju WBBM!