Indonesian English

KEBIJAKAN KOMITE AKREDITASI NASIONAL

 

TENTANG

 

TRANSISI PEMENUHAN PERSYARATAN TAMBAHAN AKREDITASI LABORATORIUM PENGUJIAN KUALITAS LINGKUNGAN SESUAI PERMENLHK No. 23 Tahun 2020

 

Menindaklanjuti terbitnya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2020 tentang Laboratorium Lingkungan dan surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) No. S.438/SETJEN/SLK/STD/3/2021 perihal Penerapan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) No. 23 Tahun 2020, maka Komite Akreditasi Nasional (KAN) perlu menetapkan Kebijakan Transisi Pemenuhan Persyaratan Tambahan Akreditasi Laboratorium Pengujian Kualitas Lingkungan sesuai Permen LHK No. 23 Tahun 2020 (semula Permen LH No. 06 Tahun 2009) sebagai berikut:

  1. Laboratorium pengujian kualitas lingkungan yang telah diakreditasi KAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dan telah mendapatkan status laboratorium lingkungan berdasarkan Permen LH No.06 Tahun 2009 harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    a. mengirimkan rencana kerja (mencakup, antara lain terkait pengambilan contoh/sampling, pemenuhan/penambahan parameter minumum, pemenuhan jumlah personel dan kompetensinya, serta perubahan lain) dan bukti pakta integritas sesuai lampiran Permen LHK No. 23 Tahun 2020 ke KAN dan KLHK paling lambat 30 April 2021.
    b. mengirimkan progress report implementasi rencana kerja (termasuk dokumentasi dan bukti rekaman implementasi) pada butir (a) setiap 3 (tiga) bulan sekali ke KAN (c.q. Sekretaris Jenderal KAN di email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.) dan KLHK (c.q pustanling di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.). Implementasi akan dicek kesesuaiannya saat kunjungan asesmen/survailen KAN yang terdekat.
    c. laboratorium yang telah mendapatkan kunjungan asesmen/survailen KAN pada butir (b) tidak diwajibkan mengirimkan progress report lanjut.
    d. asesmen dan survailen yang dilaksanakan setelah 30 April 2021 menggunakan acuan Permen LHK No. 23 Tahun 2020.
    e. laboratorium yang belum melakukan kegiatan pengambilan contoh/sampling, harus melakukan penyesuaian dan pemenuhan persyaratan pengambilan contoh/sampling sesuai dengan Permen LHK No. 23 Tahun 2020. Pengajuan penambahan ruang lingkup pengambilan contoh/sampling ke KAN dilakukan paling lambat 31 Desember 2021.
    f. laboratorium yang belum memenuhi jumlah minimum parameter yang diakreditasi harus melakukan penyesuaian dan pemenuhan persyaratan sesuai Permen LHK No. 23 Tahun 2020 (bagian Lampiran III). Laboratorium harus melakukan pengajuan akreditasi penambahan ruang lingkup hingga mencapai jumlah minimum parameter paling lambat 30 April 2023.
  2. Laboratorium pengujian kualitas lingkungan yang telah diakreditasi KAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dan telah mendapatkan status laboratorium lingkungan berdasarkan Permen LH No.06 Tahun 2009, yang akan mengajukan reakreditasi, terhitung mulai permohonan per 30 April 2021 akan diproses dengan mengacu persyaratan tambahan yang tercantum dalam Permen LHK No. 23 Tahun 2020.
  3. Laboratorium pengujian kualitas lingkungan yang akan mengajukan akreditasi ke KAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dan ingin mendapatkan status laboratorium lingkungan (serta akan mengajukan registrasi sebagai laboratorium lingkungan ke KLHK), terhitung mulai permohonan per 30 April 2021 akan diproses dengan mengacu persyaratan tambahan yang tercantum dalam Permen LHK No. 23 Tahun 2020.

Kebijakan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Hal-hal lain yang belum diatur dalam kebijakan ini, akan ditetapkan kemudian.

 

Jakarta, 9 Maret 2021

Komite Akreditasi Nasional

Sekretaris Jenderal

ttd

Donny Purnomo

 

DOWNLOAD KEBIJAKAN TRANSISI PEMENUHAN PERSYARATAN TAMBAHAN AKREDITASI LABORATORIUM PENGUJIAN KUALITAS LINGKUNGAN SESUAI PERMENLHK No. 23 Tahun 2020

DOWNLOAD FORMULIR RENCANA KERJA PENYESUAIAN DAN PEMENUHAN TERHADAP PERMENLHK No. 23 Tahun 2020

 

Berita

KAN Diseminasikan Pedoman Kalibrasi

Dalam menyosialisasikan pedoman kalibrasi untuk laboratorium kalibrasi yang diakreditasi,  Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Sosialisasi Pedoman Kalibrasi untuk Enclosure dan Mikropipet. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 21 September 2021 secara daring dan diikuti oleh 215 Laboratorium Kalibrasi yang diakreditasi KAN. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi kegiatan yaitu sesi pertama sosialisasi pedoman kalibrasi untuk Enclosure dan sesi kedua pertama sosialisasi pedoman kalibrasi untuk mikropipet.

Read more ...
KAN Selenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akreditasi Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi

Dalam ranga meningkatkan pelayanan proses akreditasi dan menyosialisasikan perkembangan kebijakan akreditasi Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi, Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akreditasi untuk Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (9/9/2021) secara daring. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi kegiatan yaitu sesi pertama sosialisasi terkait kebijakan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan kegiatan proses akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dan sesi kedua terkait Decision Rule berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017.

Read more ...
KAN Selenggarakan Pelatihan Prinsip Dasar Biosafety dan Biosecurity

Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan pelatihan terkait prinsip dasar Biosafety dan Biosecurity. Kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu batch pertama dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2021, batch kedua dilaksanakan pada tanggal tanggal 6-7 September 2021 dan batch ketiga dilaksanakan pada tanggal 8 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh Asesor KAN, Sekretariat KAN dan Laboratorium Medik terakreditasi KAN.

Read more ...
KAN Melaunching Layanan Digital KANIA Dalam Rangka Bangga Melayani Bangsa

Dalam rangka meningkatkan pelayanan berbasis elektronik serta mendukung program reformasi birokrasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan kegiatan launching layanan digital chatbot yang disebut dengan KANIA secara daring pada Rabu (18/08/2021). Pertemuan ini mengundang seluruh Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), asesor KAN, dan anggota KAN Konsil. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Band Letto.

Read more ...
Surat Informasi Penjelasan SNI ISO/PAS 45005

 

Diterbitkan pada Desember 2020, ISO/PAS 45005:2020 - Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Pedoman Umum K3 untuk Bekerja Selama Pandemi COVID-19, disusun sebagai tanggapan atas urgensi situasi dan kebutuhan mendesak pada kebutuhan panduan tersebut. Standar tersebut diadopsi menjadi SNI ISO/PAS 45005:2020.  SNI ISO/PAS 45005:2020 tidak dapat menjadi kriteria dasar persyaratan sertifikasi yang berdiri sendiri tanpa SNI ISO 45001:2018. 

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.