Indonesian English

 

Dalam rangka Bulan Mutu Nasional 2019 Badan Standardisasi Nasional menyelenggarakan kegiatan workshop Skema Akreditasi dan Sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan berdasarkan SNI ISO 21001 : 2018. Kegiatan workshop ini bertujuan mengkolaborasi keterlibatan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan penilaian kesesuaian dalam pengembangan Skema Akreditasi dan Sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan.

 

 

Kepala Badan Standardisasi Nasional, Bambang Prasteya dalam arahannya menyatakan “Sistem Sertifikasi berdasarkan SNI ISO 21001 : 2018 diharapkan dapat mendukung dan melengkapi sistem akreditasi maupun sistem penjaminan kualitas penyelenggara pendidikan yang sudah dimiliki pemerintah. Pelaksanaan sertifikasi ini pun tidak menggugurkan kewajiban penyelenggara pendidikan dalam memenuhi persyaratan regulasi yang telah ada.“

 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber ISO 21001 dari British Standard Institute dan organisasi yang telah menerapkan standar tersebut. Sejalan dengan tujuan dari standar SNI ISO 21001:2018, diharapkan melalui workshop ini dapat memberikan input bagi pengembangan akreditasi dan sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan sehingga berkontribusi pada tercapainya produk dan layanan pendidikan yang memenuhi persyaratan bagi peserta pendidikan (learners) maupun penerima manfaat lainnya.

 

SNI ISO 21001:2018 Sistem manajemen untuk organisasi pendidikan  merupakan standar yang memberikan panduan kepada lembaga penyelenggara pendidikan untuk mengelola organisasinya dalam rangka memenuhi harapan dan kebutuhan dari peserta didik dan pihak lainnya yang terkait seperti pemerintah, industri, masyarakat dan pihak lainnya yang relevan.

 

Persyaratan dalam SNI ISO 21001 : 2018 bersifat umum dan dimaksudkan untuk dapat diaplikasikan oleh organisasi pendidikan yang menyediakan, memberikan dan menfasilitasi terbangunnya pengetahuan melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian tanpa membatasi ukuran, jenis dan jasa yang disediakan.

 

Penerapan standar SNI ISO 21001:2018 diharapkan mampu memberikan nilai tambah kepada organisasi pendidikan di Indonesia yang diatur berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Organisasi pendidikan tersebut dapat berupa  pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan dan khusus, dengan jalur pendidikan antara lain pendidikan formal, nonformal dan informal. Pada akhirnya penerapan SNI ISO 21001 : 2018 diharapkan akan meningkatkan kualitas layanan pendidikan,  yang bergerak di bidang pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan dan khusus baik melalui jalur pendidikan formal, nonformal dan informal dalam menghasilkan peserta didik / pembelajar yang unggul di sektor masing – masing.

Berita

Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi dan Pelaksanaan Pelatihan Asesor Laboratorium Penguji KAN 2020

Sehubungan dengan pengumuman KAN sebelumnya terkait Pendaftaran Pelatihan Asesor Laboratorium Penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 dan perkembangan informasi terkait COVID-19, Manajemen KAN memutuskan untuk menunda pengumuman hasil seleksi dan pelaksanaan Pelatihan Asesor Laboratorium Penguji SNI ISO/IEC 17025:2017 sampai keadaan kondusif.

Read more ...
Kebijakan KAN Terkait Antisipasi Dampak COVID-19 Terhadap Proses Akreditasi dan Penilaian Kesesuaian

Berkenaan dengan penetapan Covid-19 sebagai pandemik oleh World Health Organization (WHO) yang dampaknya berpengaruh secara global dan salah satunya terhadap proses kegiatan akreditasi dan penilaian kesesuaian, Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengambil kebijakan sebagai upaya menjaga kesehatan, keselamatan dan keamanan serta mengurangi resiko penularan Covid-19 kepada personel yang terlibat di Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dan KAN pada saat melakukan kegiatan akreditasi dan penilaian kesesuaian dalam lingkup akreditasi KAN sebagai berikut :

Read more ...
PENUNDAAN PELAKSANAAN PERTEMUAN TEKNIS LABORATORIUM TERAKREDITASI KAN DI MAKASSAR

Diinformasikan kepada seluruh pimpinan Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi terakreditasi KAN wilayah Indonesia Timur, Jawa Timur, dan DKI Jakarta, bahwa Pertemuan Teknis Laboratorium dan PUP yang sedianya akan dilaksanakan di Makassar pada tanggal 19 Maret 2020 dinyatakan ditunda pelaksanaannya.

Read more ...
Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.