Indonesian English

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang diwakili  Ir.  Budi Rohman,  M. Sc.  Selaku Direktur Perizinan danan Bahan Nuklir,  dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang diwakili Triningsih Herlinawati,  S. P.,  M.Si. Selaku Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi. Penandatanganan ini dilakukan di Hotel Cambridge,  Medan - Sumatera Utara pada hari senin tanggal 24 September 2018.

Kerjasama ini dilakukan dalam rangka memperkuat koordinasi dan kerjasama dalam pelaksanaan  akreditasi Lembaga sertifikasi di bidang pengawasan ketenaganukliran dengan ruang lingkup pelaksanaan kegiatan akreditasi dan sertifikasi, pengawasan terhadap lembaga sertifikasi, penyediaan data dan informasi serta pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung pelaksanaan akreditasi lembaga sertifikasi di bidang pengawasan ketenaganukliran.

Diharapkan kerjasama ini dapat memperkuat dan menunjang tugas dan fungsi masing – masing lembaga sehingga pelaksanaan penilaian kesesuaian di bidang pengawasan ketenaganukliran dapat berjalan dengan efektif dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

 

KAN dan Bapeten juga berkomitmen agar kerjasama ini dapat segera diimplementasikan dengan efektif, hal ini diwujudkan dengan melaksanakan pelatihan asesor akreditasi untuk skema lembaga sertifikasi produk di tempat yg sama tanggal 24-28 September 2018. Pelatihan asesor tersebut diikuti 20 orang peserta dari   instansi yang terkait seperti kementerian kesehatan, bapeten dan badan standardisasi nasional

Selanjutnya KAN bersama dengan Bapeten akan menyusun infrastruktur dan kelengkapan sistem penilaian kesesuaian terkait pengawasan produk ketenaganukliran seperti skema akreditasi lembaga sertifikasi produk di bidang ketenaganukliran, skema sertifikasi produk dibidang ketenaganukliran dan penyiapan sumber daya pelaksanaan kegiatan akreditasi lembaga sertifikasi produk di bidang ketenaganukliran. (AB)

Berita

Pengakuan Internasional melalui Capaian MLA IAF bagi Skema Akreditasi KAN untuk Lembaga Sertifikasi Person

Berita menggembirakan dari sidang umum gabungan Joint General Assembly dua organisasi internasional yaitu International Accreditation Forum (IAF) dan International Laboratory Acreditation Cooperation (ILAC) yang berlangsung di Singapura tanggal 22 – 31 Oktober 2018 bahwa Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah memperoleh pengakuan internasional untuk Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person melalui Multilateral Recognition Arrangement (MLA) di IAF. Perolehan ini menandakan telah diakuinya skema akreditasi dan sertifikasi person yang dioperasikan oleh KAN di level internasional setelah pada tahun 2016 KAN mendapat pengakuan serupa di level Asia Pasifik melalui MLA di Pacific Accreditation Cooperation (PAC). Saat ini anggota IAF yang telah memperoleh MLA untuk Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person adalah 26 (dua puluh enam) negara dari kawasan Eropa dan 7 (tujuh) negara dari kawasan Asia Pasifik. Hal itu berarti bahwa sistem sertifikasi person dari lembaga sertifikasi yang diakreditasi KAN mampu disejajarkan dengan sertifikasi person dari negara-negara yang telah menandatangani MLA IAF.

Read more ...
Workshop Akselerasi Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Melalui Sertifikasi ISO 45001:2018

ISO 45001 adalah sebuah standar internasional baru untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3/OH&SMS), yang  menggantikan standar OHSAS 18001.

 

Sehubungan dengan hal tersebut BSN dan KAN menyelenggarakan Workshop Akselerasi Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Melalui Sertifikasi ISO 45001:2018 di Grand City, Surabaya (26/10). Workshop ini menjelaskan materi syarat dan aturan tambahan akreditasi bagi lembaga sertifikasi yang berminat untuk mengoperasionalkan skema sertifikasi SMK3 berdasarkan ISO 45001:2018.

Read more ...

Keberterimaan dan Hubungan Kerja Sama

   

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.