Indonesian English

 

Menindaklanjuti persiapan akreditasi Lembaga Validasi dan/atau Verifikasi Gas Rumah Kaca (LV/V GRK) untuk mendukung program Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA), Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Komite Akreditasi National (KAN) dan International Civil Aviation Organization (ICAO) Environment Project INS13801 mengadakan kegiatan Pelatihan Asesor, Calon Asesor dan Tenaga Ahli Skema Gas Rumah Kaca (GRK) untuk program CORSIA pada 13 - 16 Agustus 2018 di Hotel Four Point, Jakarta Pusat.

Pelatihan yang bertujuan untuk menyiapkan infrastruktur dalam rangka merealisasikan penerapan program CORSIA tahun 2019 ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari berbagai instansi, baik pemerintah atau swasta.

Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi KAN, Triningsih Herlinawati, SP., M.Si. dalam sambutannya menjelaskan struktur dan fungsi Komite Akreditasi Nasional (KAN).Sambutan lainnya juga disampaikan oleh Direktur Keamanan Penerbangan, Kementerian Perhubungan, Ir. Nur Isnin Istiartono, M.Si. Isnin berharap agar kegiatan pelatihan ini dapat mencetak asesor-asesor yang berkompeten sehingga program ICAO CORSIA ini dapat terlaksana dengan baik.

Pelatihan ini mengundang narasumber Asesor Kepala KAN, Rustiawan Anis; International Civil Aviation Organization (ICAO) Environment Project INS13801, Yessika Anggraika, ICAO Project Coordinator INS13801, Wendy Aritenang; Direktorat Jenderal Perhubungan Udara; Arif Fajari (Inspektur Rancang Bangun Pesawat Udara) dan Sekretariat KAN, Mahardhika Akhmad Nusantara (Kepala Subbidang Pelaksanaan Akreditasi Bidang Lingkungan). Materi yang disampaikan terdiri dari:

- Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Sertifikasi, Validasi dan Verifikasi

- ISO 14065:2013

- SNI ISO 14064-3:2009

- ISO 14066:2011

- IAF MD 6:2014

- Skema ICAO CORSIA

- Annex 16 Volume IV

- Prosedur Asesmen, Prosedur Asesmen Penyaksian 

- Penulisan Ketidaksesuaian dan Pelaporan Asesmen

 

Pelatihan ini terdiri dari beberapa sesi seperti pre-test, penyampaian materi,  Focus Group Discussion (FGD) dan post-test. Diharapkan, pelatihan ini dapat memberikan bekal ilmu serta meningkatkan pemahaman bagi calon asesor, asesor, panitia teknis dan tenaga ahli skema Gas Rumah Kaca untuk program CORSIA.

Berita

Indonesia Menghadiri Sidang Gabungan IAF dan ILAC 2019

 

Sidang IAF-ILAC Mid-Term Meetings 2019 telah diselenggarakan di Hotel Hilton Mexico City Reforma, Mexico City, Mexico tanggal 04-11 April 2019. International Accreditation Forum (IAF) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk lembaga sertifikasi yang beranggotakan 84 badan akreditasi yang berasal dari 73 negara (www.iaf.nu), sedangkan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) adalah organisasi internasional di bidang kerjasama badan akreditasi untuk laboratorium dan lembaga inspeksi yang beranggotakan 155 badan akreditasi dan organisasi terkait lainnya yang berasal dari 126 negara (www.ilac.org).

Read more ...
Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian 2019 : Pentingnya peranan LPK dalam meningkatkan daya saing Indonesia

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan acara Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian, pada Kamis (28/03/2019), di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan terkini di bidang akreditasi, terutama berkaitan dengan adanya perubahan standar internasional yang mengatur pengoperasian badan akreditasi ISO/IEC 17011:2017. Acara dihadiri oleh 1470 LPK yang terdiri atas 1047 laboratorium penguji, 165 laboratorium kalibrasi, 28 laboratorium medik (klinik), 46 lembaga inspeksi, 6 penyelenggara uji profisiensi, dan 178 lembaga sertifikasi.

Read more ...

Keberterimaan dan Hubungan Kerja Sama

Powered by Komite Akreditasi Nasional 2016 - All Rights Reserved.